Skip to content

6 Tips Ini Bisa Memudahkanmu Mengumpulkan Biaya Pernikahan

Semua pasangan yang ingin menikah pasti akan dipusingkan pada masalah yang sama yaitu biaya pernikahan. Tak sedikit juga pasangan yang akhirnya mengambil jalan pintas untuk berhutang ke Bank. Padahal kalau kamu tahu caranya, kamu tidak harus sampai berhutang ke Bank atau mencari pinjaman loh. Cobalah untuk berkomitmen menikah dengan biaya yang kamu miliki dan kalau bisa jangan sampai membebani keluarga kamu dan pasangan.

Oleh karena itu, jika kamu dan pasangan sudah ada niatan untuk melanjutkan hubungan kalian ke jenjang pernikahan, kalian harus mempersiapkan biaya pernikahan sejak awal. Bicarakan dari sekarang, bagaimana agar biaya pernikahan tidak akan menjadi beban kalian terutama setelah resepsi pernikahan usai. Tips ini bisa memudahkanmu mengumpulkan biaya pernikahan loh, simak yuk..


ADV-BANNER

6 Tips Ini Bisa Memudahkanmu Mengumpulkan Biaya Pernikahan

Saling Terbuka Kondisi Keuangan Masing-Masing

Jangan malu untuk mengungkapkan kondisi keuangan kalian pada pasangan. Bagaimana pun juga jika sudah berumah tangga kalian harus saling terbuka untuk urusan keuangan ini. Belajarlah dari sekarang untuk saling ternbuka dan mulai membuat perencanaan pernikahan sesuai kondisi keuangan kalian.

Fokus untuk Biaya Pernikahan

Tips selanjutnya adalah, fokuskan gaji yang kalian dapat untuk biaya pernikahan saja. Meskipun tips ini bisa memudahkanmu mengumpulkan biaya pernikahan, namun ada baiknya untuk bicarakan pada pasanganmu juga apakah kalian setelah menikah akan tinggal bersama orangtua atau kalian ingin hidup mandiri. Jika kalian ingin hidup mandiri, sebaiknya sisihkan juga penghasilan kalian untuk mencicil rumah.

Rekening Bersama untuk Biaya Pernikahan

Jika kamu dan pasangan sudah mantap memutuskan untuk menikah, ada baiknya kalian memikirkan untuk membuat rekening bersama. Bicarakan berapa nominal yang kamu dan pasangan harus sisihkan setiap bulan. Kamu bisa menyisihkan 30% dari gaji kalian masing-masing atau kalian bisa langsung auto debet dari rekening kalian tiap bulan. Buatlah komitmen untuk tidak memakai dana tersebut untuk keperluan apapun selain untuk pernikahan.

Mulai berinvestasi

Saat memutuskan untuk menikah, kamu harus berpikir untuk menyisihkan biaya untuk berinvestasi. Jangan berinvestasi pada barang-barang elektronik atau kendaraan karena semakin lama harga jualnya akan semakin turun. Berinvestasilah pada barang yang semakin lama semakin naik, misalnya seperti emas, tanah atau rumah.

Stop nongkrong di tempat mahal

Biasakan dari sekarang untuk berhenti ngdate di tempat mahal. Daripada kalian menghabiskan dana untuk pacaran, lebih baik uangnya kalian tabung untuk persiapkan pernikahan bukan. Sebagai gantinya kalian bisa mengunjungi rumah satu sama lain, mengakrabkan diri dengan calon mertua dan anggota keluarga pasangan, menonton film atau bermain playstation di rumah. Intinya buatlah alternatif kencan yang hemat. Tips ini bisa memudahkanmu mengumpulkan biaya pernikahan dengan sangat efektif loh.

Prioritaskan membayar hutang

Jika kamu masih mempunyai hutang atau cicilan yang belum lunas, misalnya cicilan mobil. Sebaiknya hal tersebut kamu selesaikan sebelum pernikahan. Sehinga kamu tidak akan dipusingkan lagi oleh urusan hutang dan cicilan yang bisa mengganggu rumah tangga kalian. Karena saat berumah tangga tentunya akan bermunculan masalah baru dan pastinya akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan.


Lihat juga :  Tips Menyelenggarakan Pesta Pernikahan yang Menyenangkan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *