Skip to content

Apa Sih Pertimbangan Mengontrak Rumah Setelah Menikah

Saat merencanakan pernikahan dengan pasangan ternyata ngga hanya cukup memikirkan persiapan pernikahan seperti vendor-vendor pernikahan saja. Tetapi ada hal lain yang perlu dipikirkan sejak dini juga, yaitu tempat tinggal. Karena setelah menikah tentunya banyak pasangan yang ingin memilih untuk memulai hidup mandiri menata rumah tangga yang diinginkannya.

 industry standard designSumber : Industry Standard Design


Yup! Setelah menikah tentu tempat tinggal menjadi pertimbangan yang wajib dibicarakan. Sebenarnya ada banyak pilihan mulai dari menumpang di rumah orangtua / mertua, menyewa apartemen, membeli rumah , dan yang terakhir adalah mengontrak rumah.

Tentunya dalam menentukan pilihan tersebut, alasan budget yang dimiliki adalah yang paling kuat. Dan kalau ternyata pilihan kamu adalah memilih untuk mengontrak rumah, apa saja sih pertimbangan mengontrak rumah setelah menikah yang perlu diketahui.


Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Catatan pertama dari sputnik adalah sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Apakah kalian akan mengontrak hanya untuk berdua atau akan ada anggota keluarga lain yang akan ikut tinggal bersama, seperti adik atau kakak. Dengan begitu jumlah kamar yang diperlukan juga menjadi bahan pertimbangan mengontrak rumah setelah menikah.

Jika kalian berniat untuk sekaligus menjadikan rumah kontrakan sebagai tempat usaha ataupun tempat aktivitas bisnis, maka kalian juga harus memperkirakan luas rumah yang cukup untuk menunjang aktivitas usaha kamu, sehingga tidak menggaggu ketenangan beristirahat.


homes and antiquesSumber : Homes and Antiques


Lihat Lingkungan Sekitar

Melihat lingkungan sekitar juga menjadi bahan pertimbangan mengontrak rumah setelah menikah. Apakah lingkungan sekitar sudah cukup nyaman untuk kalian. Pada hakikatnya rumah menjadi tempat kalian untuk bisa beristirahat dan berkumpul dengan keluarga. Sehingga perlu keadaan lingkungan yang juga menunjang untuk kamu bisa merasa tenang dan nyaman selepas melakukan aktivitas yang melelahkan.

Perhatikan juga apakah lingkungan kamu rawan kejahatan atau rawan banjir atau tidak, sehingga segala kekurangan sudah bisa kamu terima sejak awal.



Sesuaikan dengan Budget

Sebagai pengantin baru mungkin kamu belm terlalu tahu apa saja pengeluaran sehari-hari yang akan dikeluarkan. Tapi yang jelas jika dulu hidup bersama orangtua tidak memikirkan uang listrik, telepon, air, hingga internet. Saat kalian berumah tangga tentu anggaran belanja dan pengeluaran rutin lainnya menjadi topik nomor satu dengan suami.

Untuk itu, dalam tiap bulan tentu masih akan banyak keperluan yang dikeluarkan sehari-hari. Artinya sesuaikan juga budget yang kalian miliki yaa… Karena harga menjadi pertimbangan mengontrak rumah yang cukup krusial. Ngga mau kan kalian menjadi “kontraktor” selamanya, untuk itu sisihkan juga dari setiap penghasilan kalian untuk menabung membeli rumah.


Kondisi Rumah

Saat melakukan survei, jadikan ini sebagai bahan pertimbangan mengontrak rumah.  Cermati dengan baik rumah kontrakan yang akan kalian tempati tersebut. Lihat setiap sisi ruangan, apakah dalam kondisi baik atau banyak yang perlu diperbaiki. Apakah kondisi rumah tersebut dari bangunan baru atau sudah bangunan lama. Sehingga ketika sudah menempatinya kamu tidak merasa menyesal kalau mengalami kerusakan pada bagian rumah.


Lihat juga : Kok Bisa Pakai Fotografer Murah Tapi Hasilnya Ngga Kalah Dengan Pernikahan Para Seleb. Ini Rahasianya!


Lokasi

Lokasi rumah amatlah P-E-N-T-I-N-G. Dengan mengontrak rumah malah seharusnya menjadi solusi untuk kamu bisa menabung dari budget uang transportasi kalian. Pilihlah lokasi kontrakan yang jaraknya terjangkau dengan kantor atau tempat usaha kalian. Selain lebih mudah tentunya juga lebih efisien. Lihat juga apakah sekelilingnya mudah dijangkau oleh fasilitasi transportasi umum lainnya seperti kereta atau kendaraan umum. Sehingga lokasi yang strategis akan membantu kamu untuk bisa hidup mandiri dengan pasangan.

By Aina Isnaini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *