Skip to content

Cara Menghitung Catering Pernikahan untuk 500 Undangan

Catering pernikahan merupakan bagian penting dalam pernikahan, ini karena budget catering merupakan budget terbesar dalam pernikahan, dan juga catering digunakan untuk menjamu tamu undangan yang datang. Misalnya, kamu mengundang 500 orang untuk acara pernikahan, maka kamu perlu melakukan perhituan biaya catering 500 orang. Jangan sampai catering yang kamu persiapkan ternyata tidak cukup.

Untuk kamu yang hendak melakukan pernikahan dalam waktu dekat, tips untuk menghitung biaya catering ini bisa kamu terapkan. Dengan mengetahui hitungan yang tepat, kamu bisa menghidangkan makanan yang cukup kepada tamu undangan.

Menu catering nikahan bisa menjadi ajang gengsi bagi mempelai yang sedang melangsungkan pesta pernikahan. Jika catering yang diberikan kurang layak, tidak enak atau kurang, maka tamu undangan kurang nyaman dan puas dengan pesta pernikahan yang dilangsungkan. Sebab memiliki peran yang penting, mempersiapkan catering sebaik mungkin harus dilakukan.

Misalnya kalau kamu hendak mengundang 500 orang, maka biaya catering 500 orang yang harus dikeluarkan adalah 2 kali lipatnya, yakni 1000 orang. Ini sebagai asumsi bahwa orang yang kamu undang membawa pasangan dan mengambil jatah makanan yang disediakan.

Untuk saat ini pernikahan tidak hanya menyediakan catering dalam bentuk buffet saja, namun juga dalam bentuk stall. Biasanya paket catering pernikahan yang disediakan dalam bentuk stall adalah makanan ringan, sehingga tamu undangan yang tidak ingin makan berat bisa menikmati camilan yang tersedia. Berikut ini adalah cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatur biaya catering.

Kalikan jumlah tamu undangan yang hendak kamu undang di acara pernikahan, kemudian tentukan apakah kamu akan menyediakan makanann buffet atau stall. Jika kamu menyediakan dua jenis makanan untuk catering, maka kamu perlu mempertimbangkan kisaran makanan yang hendak disajikan.

Misalnya kamu sudah menghitung akan mengundang 500 orang, maka kamu menyiapkan 1000 makanan catering. Maka perbandingkan catering yang harus kamu sediakan adalah 60% untuk makanan buffet banding 40% untuk makanan catering buffee.

Berbicara tentang menu stall, adalah makanan pondokan atau yang lebih sering juga dibilang gubukan, masing-masing jasa catering pernikahan tentunya memiliki menu ini. Menu stall bisa berupa makanan ringan atau makanan berat, seperti bakso, siomay, soto, kebab dan lainnya. Kalian tinggal menentukan menu stall sesuai dengan kebutuhan

Biaya catering 500 orang tergantung jenis makanan yang kamu sajikan dan catering apa yang kalian pakai, jadi kamu bisa menyesuaikan dengan tipe makanan yang disediakan dan banyaknya variasi camilan yang disediakan. Salah satu contoh catering murah di Jakarta adalah Vendor Pernikahan yang menawarkan paket catering pernikahan mulai harga 20 ribu per pax atau porsi-nya

Sekarang kamu bisa menghitung jumlah makanan yang harus disediakan dalam pesta pernikahan tersebut. Apabila kamu menyediakan 600 makanan, kamu bisa mengalihkannya dengan 60 persen, maka hasilnya adalah 360 porsi makanan.

Dilanjutkan dengan makanan stall, jumlah total 1000 makanan yang harus kamu sediakan dikalikan dengan 40 persen. Maka hasil yang akan kamu dapatkan dari perhitungan tersebut adalah 400, kamu harus menyajikan 400 porsi untuk makanan stall secara total. Tentunya makanan stall yang kamu sajikan bisa disesuaikan dengan selera atau lidah tamu undangan yang datang dan bisa dibagi menjadi 3-4 stall

Kamu juga bisa menggunakan tips berikut ini untuk menyiapkan biaya catering 500 orang untuk hari pernikahan, diantaranya adalah:

1. Tentukan Anggaran

Jangan lupa untuk menentukan anggaran yang hendak kamu keluarkan untuk biaya catering. Kamu bisa berdiskusi dengan pasangan, keluarga atau vendor persiapan pernikahan terkait dengan budget yang dimiliki dan jenis makanan yang hendak dipilih. Usahakan kamu menyediakan makanan yang sesuai dengan kemampuan agar kamu tidak kesulitan membayar nanti.

Pastikan kamu menentukan budget pernikahan yang dimiliki tidak hanya karena gengsi semata. Sebab jika begitu, tidak hanya akan membuat anggaran pernikahan yang kamu buat menjadi lebih besar, kamu tentu harus meminjam dana untuk melengkapi pembayaran tersebut.

Makanan yang disediakan untuk pesta pernikahan tidak harus mewah dan mahal, kamu bisa menyediakan makanan yang cukup populer dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Misalnya menyediakan makanan khas daerah, jajanan tradisional, makanan kekinian, maupun street food agar biaya catering 300 orang bisa kamu tekan.

2. Sesuaikan Proporsi Makanan

Perhitungan 60:40 yang telah kamu lakukan sebelumnya tidak hanya mempermudah porsi catering, namun membantu-mu menyediakan porsi makanan yang cukup dan seimbang di masing-masing buffet.

Jika porsi 60:40 masih terlalu berat untukmu, cara menghitung biaya catering pernikahan yang bisa kamu pilih untuk makanan buffet yaitu dengan porsi 70:30. Asalkan jumlah makanan yang kamu sediakan porsinya sama, mengubah persentase makanan tetap bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa mengurangi makanan yang sekiranya tidak banyak dipilih oleh tamu, misalnya nasi putih.

Banyak tamu undangan yang memilih untuk mengambil sedikit nasi karena tidak ingin terlalu kenyang ketika hadir di pesta pernikahan. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, pastikan saja nasi cukup untuk tamu undangan sebanyak 600 orang, kamu tidak perlu khawatir menambah porsinya.

Itulah berbagai tips yang bisa kamu gunakan untuk menghitung biaya catering 500 orang di hari pernikahan dari Vendor Pernikahan. Jika kamu merasa kesulitan untuk menghitung biaya catering, kamu bisa langsung bertanya atau berdiskusi dengan kami. Biasanya mereka menyediakan berbagai layanan pilihan catering yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Untuk kalian yang ingin melakukan pemesanan catering pernikahan di Jakarta dengan budget yang terjangkau kalian bisa hubungi Vendor Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *