Skip to content

Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah

Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah– Pernikahan merupakan komitmen antara dua pihak untuk bersama-sama melalui asam dan garam kehidupan. Banyak hal dan kejutan yang menunggu kalian setelah melewati gerbang pernikahan. Sini Sputnik bisikin, apa saja yang perlu kalian bicarakan sebelum memutuskan menikah.

photo by: instagram (venemapictures)

  1. Hutang

Membicarakan permasalahan hutang merupakan Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah karena hal ini akan mencegah dari perasaan kecewa di masa depan. Topik ini harus dibicarakan secara jujur dan terbuka, dan apabila memang terdapat hutang bicarakan bersama bagaimana solusi untuk melunasinya.

  1. Tempat tinggal

Karena setelah menikah kalian akan tinggal bersama maka urusan tempat tinggal adalah Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah. Bicarakanlah perihal dimana kalian akan tinggal. Apa akan langsung pindah ke rumah baru, atau tinggal dengan orangtua. Utarakan juga alasan kalian mengapa memilih tinggal di situ.

  1. Rahasia

Terbuka dan rasa saling percaya merupakan salah satu kunci paling mendasar dalam sebuah hubungan. Untuk itu membicarakan rahasia merupakan Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah. Ada baiknya kalian saling terbuka tentang rahasia masing-masing supaya tidak ada kekecewaan di masa depan nantinya.

photo by: instagram (moirephoto)

  1. Batasan

Kalian juga perlu membahas mengenai batasan yang dimiliki masing-masing. Jangan sampai nantinya timbul perasaanya tidak nyaman satu pihak karena merasa pasanganya telah melewati batas privasinya. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan tentang kebiasaan kalian yang mungkin berbeda dengan pasangan kalian.

  1. Pekerjaan

Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah selanjutnya adalah urusan karir atau pekerjaan, bicarakan tentang bagaimana pekerjaan kalian dan pasangan kalian. Misalnya tentang pekerjaan apa saja yang boleh kalian lakukan. Lokasi kantor dan jam kerja kalian, bagaimana jika salah satu dari kalian mendapat dinas luar kota, apakah jika sudah memiliki anak pasangan kalian bersedia untuk berhenti bekerja untuk fokus mengurus anak, dan hal-hal semacam itu.

photo by: instagram (mahe.moto)

  1. Agama

Meskipun kalian memiliki latar belakang agama yang sama, terkadang ada perbedaan pandangan dan cara dalam menjalankannya. Maka hal ini perlu dibicarakan lebih detail terkait bagaimana pasangan kalian dalam menjalankan keyakinan agamanya. Dan mungkin bagaimana juga kalian akan memberikan pengertian beragama kepada anak kalian kelak.

  1. Anak

Memiliki keturunan adalah salah satu tujuan dari pernikahan. Oleh karena itu urusan anak merupakan Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah. Diskusikanlah dulu hal ini dengan calon pasangan kalian. Berapa anak yang kalian inginkan, kapan berencana akan memiliki anak, bagaimana pendidikan anak nantinya. Jangan lupa juga membicarakan kemungkinan terburuk yaitu kemandulan. Intinya kalian harus mempersiapkan diri dari segala kemungkinan yang mungkin terjadi.

Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah

photo by: instagram (raffinagita1717)

  1. Keuangan

Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah selanjutnya ini menjadi sangat penting didiskusikan untuk menghindari konflik akibat tidak adanya kesepakatan di antara kalian. Bicarakanlah terkait bagaimana kalian akan mengatur keuangan keluarga. Siapa yang akan memegang uangnya, bagaimana membagi tagihan, berapa persen banyaknya uang belanja, bagaimana cara membagi segala biaya kebutuhan.

  1. Tugas rumah tangga

Memutuskan menikah itu berarti memutuskan untuk membangun rumah tangga bersama. Untuk itu pekerjaan rumah tangga bukanlah tugas satu pihak. Kalian bisa mendiskusikan pembagian tugas memasak, mencuci, menyapu, mengepel. Atau kalian bisa mendiskusikan untuk menyewa asisten rumah tangga supaya dapat meringankan pekerjaan rumah tangga kalian.

  1. Seks

Salah satu hal yang paling penting dalam urusan pernikahan adalah seks. Kamu harus memberitahu secara jelas apa saja hal terkait seks yang kamu suka dan tidak sukai. Cari tahu juga mengenai berhubungan seks yang sehat melalui konsultasi kepada dokter.

  1. Pergaulan dengan lawan jenis

Pada diskusi terkait Hal yang Harus Kamu Bahas Sebelum Menikah, kamu dan pasangan perlu menentukan batasan pergaulan dengan lawan jenis karena jika tidak memiliki batas jelas hal ini riskan menimbulkan pertengkaran hebat dalam rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *