Skip to content

Inovasi Untuk Usaha Kue Dan Katering Di Bulan Puasa

Inovasi adalah kunci utama dalam bisnis di bulan puasa dan Lebaran. Misalnya untuk produk kue kering Lebaran, resep dasarnya sebenarnya sederhana. Namun yang istimewa biasanya tampilan dan rasanya. Nastar Keju misalnya adalah contoh sederhana dari inovasi. Rasa asin garam dan gula bagaimanapun berbeda sedikit. Selain itu, keju jelas punya kesan lebih mewah dan mahal.  Taburan keju di bagian atas kue nastar juga memberi kesan yang berbeda dari kue nastar biasa. Selain nastar, kue lapis juga bisa mendapat sentuhan inovatif. Secara tradisional, kue ini berlapis mendatar biasa. Namun jika mau sedikit repot, lapisan ini sebenarnya juga bisa digulung sehingga punya pola melingkar. Agar bisa sukses menggulung kue lapis,  kualitas adonan perlu diakali. Adonan tidak boleh terlalu padat untuk menghindarkan kue ini pecah saat digulung.

Sementara itu, untuk bisnis katering, inovasinya bisa bergeser menjadi layanan antar santap sahur dan berbuka.  Layanan katering untuk sahur membutuhkan kedisiplinan tingkat tinggi. Karena itu jika memang sering ketiduran, sebaiknya jangan coba-coba untuk membuka usaha jenis ini. Pilihan yang lebih mudah adalah layanan katering untuk berbuka puasa. Secara umum untuk layanan katering ini lebih mudah disiapkan dan peminatnya cukup banyak. Jasa ini biasanya digunakan oleh orang yang mau menggelar buka puasa bersama tapi tidak punya waktu untuk menyiapkan sajian buka puasa bersama.  Terlepas jasa mana yang mau diseriusi, perlu juga dilihat pergerakan harga bahan makanan yang digunakan untuk usaha katering ini. Biasanya saat Lebaran semakin dekat, harga semakin tinggi. Karena itu perlu penetapan harga paket katering yang hati-hati.

Seperti halnya ceramah di masjid-masjid, bulan puasa adalah bulan pengendalian diri. Hal yang sama juga berlaku untuk bisnis di bulan ini. Tahu kapan untuk berhenti menerima pesanan katering maupun kue nastar adalah salah satu kunci sukses bisnis Lebaran. Hal yang sama juga berlaku untuk stok.  Terlalu banyak stok kue nastar keju yang menumpuk hingga H-3 misalnya berpotensi untuk rugi. Biasanya penjualan kue kering akan berkurang setelah Lebaran. Selain itu, secara alami kue kering biasanya relatif lebih awet.

Vendor Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *