Skip to content

Langkah Tepat Memulai Bisnis Catering & Nasi Kotak

Kata orang bijak, kerjakanlah hal yang kamu cintai, maka kamu tak terasa seperti bekerja sama sekali. Nah, gimana dengan pekerjaanmu saat ini? apakah sudah sesuai dengan passion kamu? ataukah justru memikirkan untuk membuka usaha sendiri muncul tiap saat?

Nah, berbicara mengenai membuka usaha, baiknya yang sesuai dengan hobi kamu. Jika kamu hobi masak, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis catering atau nasi kotak. Memulainya pun mudah saja, bagikan sampel produk anda ke rekan kerja di kantor, tetangga atau bahkan orang tua teman sekolah anda. Jika dirasa masakan dari catering atau nasi kotak anda enak pastinya order akan terus menerus berdatangan, dan anda tinggal melakukan promosi saja. Lantas langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh untuk membuka usaha catering dan nasi kotak ini, silahkan simak pembahasannya berikut ini :

  • Modal
  • Permodalan adalah salah satu hal vital dalam bisnis. Kamu yang baru hendak memulai bisnis, tentu tidak banyak memiliki modal. Meminjam uang ke bank pun tidak mudah. Ada berbagai persyaratan yang harus kamu penuhi. Lantas bagaimanakah solusinya? Pertama, mengajak partner dalam bisnis catering. Tambahan modal dari teman bisnis tersebut tentu akan menambah modal bagi usaha catering kamu. Kedua, pakailah uang tabungan sendiri lalu meminjam dari keluarga. Meminjam dari keluarga tentu persyaratannya tidak serumit di bank. Pembayarannya pun bisa sangat fleksibel dan bahkan mungkin tanpa bunga.
  • Tempat Usaha
  • Jika modal kamu ngepas, jangan memikirkan tempat usaha di gedung atau ruko. Buka saja di rumah kamu. Bisnis catering dan nasi kotak tidak memerlukan banyak space. Gunakan saja dapur kamu tapi lengkapi dengan peralatan masak yang memadai. Untuk pertama kali, buatlah nasi kotak hanya jika ada pesanan saja. Supaya tidak butuh tempat untuk penyimpanan kotak nasi beserta bahan bakunya dan supaya masakan catering tidak basi.
  • Promosi
  • Promosi bisa dilakukan secara offline dan online. Kalau promosi offline, bisa kamu lakukan dari mulut ke mulut. Buatlah sample masakan catering dan nasi kotak andalanmu. Setelah itu bagikan kepada tetangga, kerabat, saudara, dan teman. Katakan pada mereka jika kamu sedang berbisnis catering dan nasi kotak. Suruh mereka mencicipi sample buatanmu. Jika masakan catering dan nasi kotak buatan kamu enak, maka pesanan demi pesanan akan datang silih berganti. 
    Promosi online mau tidak mau harus dilakukan pada era tekonologi canggih seperti saat ini. Caranya pun mudah. Kamu tinggal buat akun sosial media, upload foto-foto nasi kotak dan menu katering mu. Bisa juga gabung ke milis-milis dengan target market spesifik. Biayanya pun tidak mahal, hanya bermodal smartphone lumayan keren yang akses internetnya cepat. Buat juga blog berisi profil usaha kamu.
  • Menu Masakan
  • Menu masakan pada usaha catering dan nasi kotak adalah jualan utama kamu. Temukan keunggulan dalam menu masakan kamu. Semakin unik, maka akan semakin banyak dicari orang. Misalnya kamu bisa membuat nasi kotak dari bahan yang tidak dipikirkan orang seperti emping, jagung, atau dari buah-buahan. Perkenalkanlah produk baru kamu tersebut dengan kemasan menarik. Buatlah label supaya terkesan profesional. Semakin menarik kemasanmu, semakin mudah produk kamu dapat terjual. 
    Kalau mengenai masakan katering, kamu bisa mulai dari resep andalan di keluargamu. Jadi masakan kamu akan menjadi khas dan tidak ada yang menyamai. Bisa juga kamu terjun ke bisnis katering sehat dan murah. Targetkan mereka yang berpenyakit diabetes atau darah tinggi, yang membutuhkan makanan yang sehat dan tidak sembarangan.
  • Fasilitas Penunjang
  • Untuk mengantarkan pesanan catering dan nasi kotak, ada baiknya kamu memiliki kendaraan sendiri. Kalau mobil terlalu mahal, sebaiknya membeli motor terlebih dahulu. Karena selain untuk mengantarkan pesanan, motor juga berguna jika kamu ingin membeli bahan atau untuk membagikan brosur promosi. Membeli motor jika cash terlalu mahal, maka bisa memanfaatkan fasilitas finance. Tinggal hubungi dealer langganan, dengan syarat yanng mudah, motor pun bisa kamu bawa pulang.

Kiranya itulah yang harus jadi fokus perhatian jika ingin membuka bisnis catering dan nasi kotak. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis ini.

Vendor Pernikahan
Catering dan Nasi Kotak Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *