Skip to content

Masih bingung memberikan nama pada bayi? Coba cek ide berikut

Memberikan nama pada bayi tentu susah-susah gampang. Terutama bagi kamu yang baru menikah, tentunya seringkali kebingungan memberikan nama pada bayi pertama. Terkadang, terlalu sering melihat daftar nama bayi melalui berbagai buku ataupun internet serta saran dari keluarga besar justru malah semakin membuatmu pusing dan bingung. Iya kan? Ngaku aja deh!

 

Sumber: Pinterest.com

Sumber: Pinterest.com

 

Nah, sambil menunggu kelahiran sang buah hati,berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat memberikan nama pada bayi:

 

Perhatikan jenis kelaminnya

Sesaat setelah melalui pemeriksaan USG, tentu jenis kelamin bayi sudah dapat diketahui. Nah, untuk itulah segera tentukan nama bayi apakah perempuan atau justru laki-laki. Saran kami, hindari pemberian nama unisex ataupun yang dapat menimbulkan persamaan antara laki-laki dan perempuan. Nama seperti Anggi, Azhari ataupun Chandra seringkali menimbulkan kebingungan bagi orang yang ingin menyebut namanya. Berilah nama yang tegas sesuai dengan jenis kelamin buah hati anda agar menghindari kekeliruan bagi orang lain yang ingin memanggil nama bayi anda.

 

Ingat, nama adalah doa

Memberikan nama pada bayi anda haruslah sesuai dengan apa yang anda harapkan pada bayi anda ketika dia telah lahir dan hidup dewasa. Bagi kebanyakan orang, pemberian nama merupakan sekaligus doa orang tua terhadap bayinya kelak. Usahakan memberi nama bayi yang memiliki arti positif berupa pengharapan agar kedepannya bayi akan termotivasi dengan arti nama yang telah ia dapatkan.

 

Nama yang unik dan non-familiar

Nama yang unik bisa membawa dampak positif bagi bayi karena akan membuat bayi lebih menonjol dan gampang dikenal. Perhatikan juga pelafalan nama pada bayi agar pengucapannya dapat mudah dilakukan. Oiya, penggunaan nama yang unik serta yang jarang digunakan pada bayi juga berguna sebagai pembeda dari nama lainnya. Seringkan kamu menemui bahwa nama bayi satu dengan yang lainnya sama? Maka dari itu, hindari pemilihan nama yang umum digunakan oleh orang lain.

 


 

ADV-BANNER-1024x216-1024x216


 

Memakai nama tokoh berpengaruh

Ini masih berhubungan  dengan tips nomer 2, berhubung nama bayi adalah berupa doa maka berikanlah nama dengan tokoh berpengaruh dunia yang membawa kebermanfaatan besar bagi manusia. Tentunya tokoh tersebut haruslah yang positif dan memiliki prestasi yang membanggakan. Saran kami, hindari pemberian nama tokoh yang memiliki steoretipe tersendiri di masyarakat agar nantinya bayi tidak terkena pengaruh buruk dari apa yang dilakukan oleh tokoh tersebut.

 

Gunakan kombinasi nama yang baik

Sebagai seorang orang tua, tentunya kita harus memikirkan anak kita untuk kedepannya. Ya, kehidupan seorang anak kelak tentunya harus selalu diiringi dengan supervisi dari orang tua. Saran dari kami, berikan nama pada bayi minimal 2 kata dan awali dengan huruf ber-abjad awal. Mengapa? Ini berguna agar meminimalisir penulisan nama anak yang sangat panjang di setiap kolom penulisan serta agar saat anak sudah bersekolah, ia akan mendapatkan daftar absen urutan awal.

 

sumber: Pinterest.com

sumber: Pinterest.com

 

Demikian beberapa tips memberikan nama pada bayi. Semoga bermanfaat dan gak bikin bingung kamu lagi yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *