Skip to content

Mengingat Kembali Pentingnya Kehatian-hatian dalam Memilih Wedding Organizer…

Pilu. Itu mungkin bisa jadi kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang dialami oleh pasangan pengantin ANG dan FDL dari Palembang, Sumatera Selatan.

Bagaimana tidak, tepat pada hari-H pernikahannya, Minggu (6/1/2019), kedua mempelai mengalami penipuan dari wedding organizer yang mengurusi pernikahan tersebut.

Pihak dari wedding organizer (WO) itu tiba-tiba menghilang dan tak dapat dihubungi pada hari-H. Hal tersebut menyebabkan sekitar 1.000 tamu undangan tak mendapat sajian makan karena katering yang dijanjikan tak kunjung datang.

Bahkan, tak hanya itu, rekanan dari WO tersebut pun, yakni jasa fotografer, tenda, hingga perias mobil pengantin pun mengaku belum dibayar oleh pihak wedding organizer tersebut.

 

Baca juga: Tahun Baru, Status Baru? Simak Tren Pernikahan yang Bisa Terjadi di 2019…

 

Miris bukan? Kita tentu tak mau hari yang seharusnya menjadi momen bahagia tiba-tiba berubah menjadi kelabu. Tak ada yang salah dalam memercayakan urusan pernikahan dengan menggunakan jasa wedding organizer. Namun, pertanyaannya, apakah kita sudah memilih WO yang tepat dan terpercaya?

Mempersiapkan pernikahan bisa menjadi hal yang mengasyikkan atau menyenangkan jika calon pengantin mempunyai banyak waktu misalnya. Namun, bagaimana jika sang calon kesulitan dalam membagi waktu untuk melakukannya? Ini bisa menjadi satu alasan seseorang menggunakan jasa WO.

Belum lagi, dengan adanya WO, calon pengantin pun bisa terbantu untuk hal lain, misalnya, tak perlu ribet mencari jasa dekorasi, katering, dan semacamnya, karena pihak WO biasanya memiliki rekanan. Selain itu, dengan adanya WO, hal-hal detail pun bisa diperhatikan, yang biasanya luput dari fokus calon pengantin.

Kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya, tak ada salahnya dalam menggunakan jasa WO, tetapi apakah kita bisa atau sudah pihak WO yang tepat?

Sebelumnya, Seputar Pernikahan (Sputnik) pernah membahas terkait hal ini, yakni berbicara terkait tips memilih WO yang tepat.

 

Baca juga: Apa Saja Tips Memilih Wedding Organizer Yang Tepat?

 

Kini, kami mencoba untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya kehati-hatian (tak terburu-buru) dalam memilih WO sehingga hari pernikahan pun bisa berjalan lancar dan menjadi momen yang tak terlupakan. Berikut ini ulasannya:

1. Cara Mencari WO

Langkah pertama tentu mencari pilihan jasa WO. Anda bisa mendapat informasi terkait hal ini via internet, bisa dengan membaca profil mereka dengan saksama, dokumentasi acara, dan paket yang ditawarkan.

Selain itu, Anda juga bisa meminta informasi dari saudara, rekan, atau sahabat yang pernah menggunakan jasa WO. Tak ada salahnya untuk mencoba menghubungi mereka kembali untuk menanyakan pengalaman menggunakan jasa WO.

Selanjutnya, langkah lain untuk mencari WO ialah dengan mendatangi pameran pernikahan. Dalam pameran, Anda akan menemukan banyak pilihan WO dalam satu tempat sekaligus melihat portofolio mereka.

Dalam acara pameran juga, terkadang ada tes gratis makeup, makanan, hingga kue pernikahan.

Sumber : forbes.com

2. Cek Rekam Jejak

Langkah selanjutnya jika Anda telah mendapat referensi terkait nama-nama WO tak ada salahnya untuk mengecek track record atau rekam jejak mereka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah pihak WO yang akan Anda pilih benar-benar telah melakukan pekerjaannya dengan baik dan profesional.

Pengecekan ini bisa dilakukan dengan browsing di internet, lebih baik jika WO yang bersangkutan memiliki website yang jelas. Mencari dan mendengarkan testimoni dari sahabat atau klien-klien sebelumnya tentu juga sangat penting.

3. Lebih Baik jika Memiliki Kantor atau Galeri

Ini bisa menambah kepercayaan kita terhadap WO yang akan dipilih. Tak menjadi acuan utama memang, tetapi setidaknya jika WO itu memiliki tempat dan alamat yang jelas, hal itu bisa membuat kita lebih yakin.

Kantor, galeri, atau rumah yang dijadikan tempat galeri misalnya, bisa menjadi tempat bagi Anda, sebagai klien, dengan pihak WO untuk meeting atau sharing terkait konsep pernikahan.

 

Baca juga: 10 Vendor Wedding Photographer Terbaik di Jakarta

 

4. Survei dan Datangi Langsung

Jika sudah mengetahui alamat kantor atau nomor dari pihak WO, sebaiknya Anda bisa survei langsung mendatangi kantor dan bertemu dengan pihak WO.

Hal ini dilakukan untuk mengecek kembali apakah sesuai dengan referensi yang Anda dapat dari internet atau atas rekomendasi teman.

Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada pihak WO. Ini bisa menjadi momen bagi Anda untuk menanyakan jika masih ada keraguan atau yang tidak paham.

Sumber : Hello Organizer

5. Pastikan Kru dari Pihak WO Bersahabat

Ini menjadi hal penting. Pernikahan dapat dikatakan merupakan kerja tim. Karena itu, penting untuk memastikan kru dari WO tersebut peduli dan cekatan terhadap sesama, terutama terhadap keluarga calon pengantin dan para tamu undangan.

Kesan pertama bisa Anda dapat saat bertemu untuk kali pertama dengan perwakilan dari pihak WO tersebut.

Nah, rekan Sputnik, itulah beberapa bagian yang bisa menjadi acuan kita saat memilih pihak WO yang tepat dan profesional. Tak ada salahnya untuk menyempatkan waktu dalam menentukan WO yang akan dipilih.

Jalani dengan tenang, santai, dan tak usah terburu-buru. Semoga semua yang dipersiapkan dan direncanakan berjalan lancar ya rekan Sputnik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *