Skip to content

Pahami Juga Cara Menghitung Biaya Catering Pernikahan

Catering pernikahan adalah pilihan terbaik yang menjadi dasar seorang pengantin yang hendak melangsungkan pesta pernikahannya sesuai biaya pernikahan yang dimilikinya. Kamu bisa memilih penyedia jasa catering pernikahan dan minta inputan atau saran mengenai tema atau bentuk catering dan anggaran yang sesuai.

Lezatnya menu catering pernikahan merupakan saat yang akan selalu diingat para undangan yang hadir. Maka, kamu harus peka dalam memilih menu catering pernikahan yang akan disajikan pada pesta pernikahan kamu. Selanjutnya ada beberapa pilihan dalam menetapkan jumlah porsi catering di Jakarta, sehingga kamu bisa menetapkan anggaran catering pernikahan dengan harga murah.

Catering pernikahan adalah bagian penting yang harus diperhatikan ketika kamu dan pasangan merencanakan pesta perkawinan. Jumlah tamu yang diundang menjadi penentu dalam merencanakan menu catering pernikahan yang harus dipilih. Yamg menjadi perhatian serius, catering pernikahan di Jakarta merupakan bagian yang mengambil alokasi biaya pernikahan yang cukup besar dalam perencanaan perkawinan kamu.

Beberapa tahapan moment pernikahan kamu menentukan tema dan anggaran mengenai catering pernikahan yang mesti di persiapkan. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa jadi perhatian, seperti di antaranya momentum akad nikah, momentum resepsi pernikahan, dan momentum setelah pesta pernikahan.

Catering dinilai penting karena pada umumnya tamu yang datang paling banyak tidak hanya tamu dari keluarga kedua pengantin, namun juga tamu dari orang tua pula. Untuk perhitungan anggarannya umumnya seandainya kamu mengundang ±500 tamu, maka porsi catering pernikahannya harus dikalikan dua menjadi 1000 porsi catering agar sesuai.
Setelah mengetahui jumlah porsi yang dibutuhkan, sekarang saatnya menghitung biaya kateringnya.

Jumlah undangan: 500
Total: 500 x 2 = 1.000 pax
Faktor ketidakhadiran: 90% x 1.000 = 900 pax

Alokasi 60:40:
Buffet 60% x 900 pax = 540 porsi
Stall 40% x 900 pax x 5 = 1.800 porsi (1 porsi buffet setara 5 porsi stall)

Perkiraan biaya katering dengan asumsi 1 porsi buffet Rp 30.000 dan 1 porsi stall Rp 10.000:
Buffet: Rp 30.000 x 540 porsi = Rp 16.200.000
Stall: Rp 10.000 x 1.800 porsi = Rp 18.000.000
Total: Rp 34.200.000

Nah, setelah mengetahui tips menghemat biaya katering dan contoh penghitungannya, kini kamu lebih gampang membayangkan berapa pengeluaran untuk hidangan resepsi pernikahanmu. Oh ya, untuk kamu yang masih kekurangan modal untuk biaya resepsi pernikahan, nggak ada salahnya kamu mencari solusi dengan bernegosiasi dengan vendor catering pernikahan yang sangat bersahabat dan memahami semua kendala customer nya yaitu Vendor Pernikahan.

Untuk lebih memaksimalkan budget catering pernikahan kalian, dengan memilih catering pernikahan yang tepat dan murah tentunya kalian bisa lebih memaksimalkan jumlah porsian yang bisa kalian pesan, dan tidak perlu takut akan kekurangan porsian karena kalian bisa melebihkan porsi dari perhitungan diatas. Berkah catering merupakan solusi yang tepat dalam masalah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *