Skip to content

Peranan Wedding Organizer yang Jarang Orang Ketahui

Dengan adanya puluhan wedding organizer seperti wedding organizer di Jakarta,di malang, di surabaya dll. calon pengantin yang menggunakan jasa wedding organizer dalam mempersiapkan pernikahan mereka merasa terbantu. Hal ini biasanya disebabkan kesibukan para calon pengantin yang umumnya bekerja, begitupun keluarga atau kerabat. Bahkan, dengan begitu banyak hal yang harus dikerjakan sepanjang persiapan, tak jarang pada akhirnya terjalin kedekatan antara wedding organizer dengan calon pengantin sampai dengan kedua belah pihak keluarga.

Tugas wedding organizer pun meluas menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kelancaran jalannya sebuah pesta pernikahan dari mulai akad nikah atau pemberkatan hingga resepsi pernikahan. Ingin tahu lebih banyak mengenai peran wedding organizer, berikut:

• Meringankan Beban Calon Mempelai

Menggunakan jasa wedding organizer jakarta memang bukan sebuah keharusan. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, jasa wedding organizer semakin dibutuhkan karena dapat meringankan beban calon mempelai. Beberapa tugas wajib wedding organizer adalah:

  • Sebagai perencana: memberi usulan dan masukan tentang konsep acara, biaya, venue, vendor-vendor seperti dekorasi, katering, fotografi dan videografi, multimedia, MC, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan calon pengantin.
  • Sebagai koordinator: mengoordinasi seluruh pihak yang terlibat di pesta pernikahan, mulai dari calon mempelai, keluarga, para vendor, dan pengisi acara. Wedding organizer juga bertugas untuk pengaturan jadwal technical meeting dan gladi bersih.
  • Membuat rundown acara secara keseluruhan dan membentuk tim profesional untuk mengatur jalannya pesta pernikahan mulai dari persiapan, gladi bersih, sampai acara selesai.

• Menjadi Penengah dan Pemersatu Keluarga Calon Pengantin

Meski sudah ditangani oleh wedding planner atau wedding organizer professional, biasanya tetap ada panitia yang dibentuk dari keluarga calon pengantin. Karena tidak berpengalaman mengurus pesta pernikahan, panitia keluarga ini kerap kurang mengerti apa yang harus mereka lakukan. Menjadi tugas wedding organizer di Jakarta untuk mengelola panitia keluarga ini agar tidak perlu terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Perbedaan pendapat antara kedua pihak keluarga dalam sebuah pernikahan pun kerap terjadi. Terutama, bila salah satu pihak memiliki posisi atau jabatan yang lebih tinggi daripada yang lain dan pihak tersebut mengeluarkan uang lebih besar pula untuk membiayai pesta pernikahan. Untuk hal-hal seperti ini, tugas seorang wedding organizer untuk menjadi penengah dan pemersatu bagi kedua keluarga. Tidak mudah memang. Namun, wedding planner dan wedding organizer berpengalaman biasanya memiliki kiat khusus menghadapi hal-hal seperti ini.

Salah satunya dalah dengan menjadikan wedding organizer sebagai teman atau sahabat calon pengantin, alih-alih sebagai bawahan. Jelaskan kepada pihak keluarga bahwa wedding organizer lebih memahami seluk beluk pernikahan. Minta wedding organizer menjelaskan kepada kedua pihak keluarga hal-hal penting dalam sebuah prosesi pernikahan. Dengan cara yang bersahabat tentunya dan jangan berkesan menggurui. Biasanya, dengan kesabaran dan pengertian yang diberikan pihak keluarga akan mengerti dan pada akhirnya ditemukan titik temu yang memuaskan kedua belah pihak.

• Mengurangi Biaya Yang Tak Perlu

Sebagai orang yang telah menangani beberapa pesta pernikahan, pada umumnya hampir semua wedding organizer di surabaya mengerti bagaimana cara membantu calon pengantin menghemat pengeluaran. Untuk penghitungan makanan misalnya, setiap hotel, gedung, restoran, dan catering pernikahan di Jakarta memiliki porsi makanan yang berbeda-beda untuk satu orang tamu. Oleh karenanya, porsi makanan yang disajikan sebaiknya diperhitungkan dengan tepat, tidak kurang dan juga tidak berlebih. Agar calon pengantin tenang, para tamu undangan pun nyaman. Calon pengantin pun harus jujur kepada wedding organizer mengenai besaran anggaran yang telah mereka persiapkan.

Jadi bagaimana menurutmu, apakah kamu sudah menemukan wedding organizer di Jakarta yang sudah tepat atau sesuai yang kamu inginkan? Pastikan kamu sudah mempunyai gambaran tentang konsep yang kamu inginkan, sehingga kamu bisa mengikuti panduan di atas untuk lebih mudah mencari wedding organizer pernikahanmu!Berikan Pelayanan yang Terbaik

Percuma saja bila semua rencana yang Anda lakukan sudah tersusun dengan sempurna tapi tidak memberikan pelayanan yang terbaik. Ini tentunya akan membuat pelanggan menjauh dari Wedding organizer Anda.

Layanilah konsumen dengan sebaik mungkin mulai dari mendengarkan keinginannya, saat bernegoisasi hingga memberikan solusi yang terbaik agar konsumen mudah menentukan konsep pernikahan sesuai dengan budget. Hal ini pasti akan membuat konsumen merasa puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *