Skip to content

Pernikahan Elegan dan Berkesan dengan Hemat

Berencana menikah dan memulai kehidupan baru yang indah dengan pasangan, merupakan harapan tiap manusia sepertinya ya. Namun tidak hanya kehidupan setelah menikah, pernikahan itu sendiri tentunya diharapkan dapat meninggalkan banyak kesan dan kenangan yang manis. Bagaimana tidak, momen indah yang hanya terjadi seumur hidup sekali dan tidak akan terulang lagi itu juga merupakan impian semua orang kan?

Namun, apa yang pertama kali muncul di kepala kalau kamu membayangkan pernikahan yang elegan dan mengesankan? Budget yang besar? Persiapan yang memakan waktu? Kesibukan yang makin padat? Aduh, banyak banget jadinya isi kepalamu. Mau nikah bukannya seneng-seneng malah makin spaneng yaa? Tenang aja, sebenarnya pernikahan yang elegan dan berkesan itu nggak harus ribet dan banyak budget kok. Terdengar mustahil memang, mengingat dalam suatu pesta pernikahan membutuhkan banyak persiapan juga kebutuhan. Ada beberapa tips dan trik nih buat kamu dan pasanganmu yang sudah ada rencana menikah tapi masih bingung mau mulai darimana?

  1. Lakukan Perhitungan dan Susun Budget
    Yang pertama harus dilakukan setelah mental dari kamu dan pasanganmu suah benar-benar siap dan matang untuk menikah adalah mencari tahu estimasi biaya dalam tiap kebutuhan. Berapa untuk dekorasi, berapa untuk katering, untuk busana pengantin, untuk fotografi, undangan, souvenir dan sebagainya. Untuk bisa sukses dengan pernikahan yang hemat, pastikan kamu dan pasangan telah menyusun budget pernikahan yang ketat sejak awal. 
    Hal ini penting, agar semua rencana dan juga uang keluar dapat dikelola dengan tepat. Meski ketat, susunlah budget ini dengan masuk akal. Artinya, anggaran tersebut memang mungkin untuk dijalankan dengan baik dan bisa membuat pesta pernikahan berjalan lancar dan berkesan. Bila kamu sudah mengetahui estimasi biaya dari masing-masing kebutuhan, menetapkan anggaran akan jauh lebih mudah. Tambahkan biaya tak terduga sebesar 10% dari keseluruhan anggaran untuk berbagai hal-hal kecil yang kerap hadir sepanjang persiapan pernikahan.
  2. Rencanakan dengan Matang
    Setelah mantap dengan perhitungan budget yang akan kamu keluarkan, yang selanjutnya harus kamu lakukan yaitu susun rencananya matang-matang. Disini kamu dan pasangan dapat membuat list belanja kebutuhan apa saja yang diperlukan. Dalam perencanaan ini kamu dan pasangan harus memperhatikan beberapa poin penting agar pernikahanmu tetap ada dalam budget yang sudah disusun.
    – Selektif dalam memilih tamu
    Beberapa calon pengantin ketika mau menikah mengundang banyak sekali kerabat, mulai dari semua saudara, teman dari tk hingga kerja, belum lagi teman orang tua hehe. Kamu dan pasanganmu tidak perlu melakukan ini yaa, undang yang dirasa memang kerabat dekat saja. Selebihnya kamu bisa membuat pertemuan diluar resepsi.
    – Undangan dan souvenir yang murah dan unik
    Murah, tapi jangan yang murahan. Ada banyak undangan yang bisa dipilih bersama pasangan, bahkan meski budgetnya terbatas. Pesan undangan untuk tamu tertentu saja, sebab untuk para sahabat dekat dan keluarga, mengundang secara langsung tentu akan jauh lebih baik. 
    Hal yang sama juga berlaku untuk souvenir, dengan kisaran harga Rp5000,- saja sudah bisa mendapatkan yang unik dan lucu. Pesan souvenir ini lebih banyak dari undangan, agar teman dekat dan keluarga yang Anda undang langsung juga kebagian.
    – Sewa baju pengantin
    Tidak perlu membeli baju pengantin yang harganya berjuta-juta, sebab pakaian ini bahkan hanya digunakan satu kali saja. Sewa baju pengantin tersebut, termasuk untuk pagar ayu dan keluarga lainnya (jika perlu). Ini akan menghemat banyak uang, mengingat harga busana pengantin juga terbilang sangat mahal.
    – Hunting catering
    Soal catering kadang juga membuat para calon pengantin pusing bukan kepalang. Bagaimana tidak, budget untuk katering bisa lebih banyak dibandingkan biaya untuk sewa gedung. Belum lagi, jika sudah bayar mahal tapi ternyata catering yang disediakan di pestamu tidak terlalu disukai tamu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, jangan malas untuk survey dan testing makanan catering. 
    Tapi tenang saja buat kamu dan pasangan yang sudah cukup memiliki kesibukan yang padat untuk survey dan testing catering, Vendor Pernikahan Nusantara merupakan solusi yang tepat. Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang terjamin, Vendor Pernikahan Nusantara merupakan jasa pelayanan catering professional yang dapat melayani dengan amanah. Vendor Pernikahan Nusantara sendiri sudah memiliki beragam cabang, sehingga dapat melayani Catering di Jabodetabek, Catering di Surabaya, Catering di Sidoarjo, Catering di Gresik, dan masih banyak lagi.
    – Buat rangkaian acara dalam satu hari
    Rangkaian acara yang digelar dalam 2-3 hari tentu akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk itu padatkan acara menjadi satu hari, misalkan akad nikah atau pemberkatan di pagi atau siang hari, lalu dilanjutkan dengan resepsi di hari yang sama. Tak hanya meminimalisir budget, calon pengantin juga tak harus lelah berkepanjangan karena semua rangkaian acara hanya membutuhkan satu hari saja.
  3. Memanfaatkan Jasa yang Ada
    Makin kesini, makin banyak jasa profesional yang siap membantu dan memudahkan para calon pengantin dalam merancang pernikahan impian. Kamu dan pasangan dapat memanfaatkan jasa vendror-vendor pernikahan, baik wedding organizer maupun wedding planner yang telah paham dengan proses pernikahan. 
    Mulai hubungi vendor-vendor pernikahan yang direkomendasikan keluarga, terutama yang sudah pernah digunakan jasanya. Dengan demikian kamu telah mengetahui budget dan kualitasnya. Selanjutnya cobalah mendatangi beberapa pameran pernikahan untuk menemui begitu banyak vendor yang dapat kamu dan pasangan pilih, dengan kualitas terjamin dan harga yang kompetitif tentunya. Dengan menghadiri pameran, calon pengantin juga dapat menemukan berbagai kebutuhan di satu tempat seperti gaun atau kebaya pengantin, dekorasi, fotografi, undangan, souvenir, make-up artist dan sebagainya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *