Skip to content

Persiapan dan Pengelolaan Catering Nasi Kotak

Bisnis catering akan semakin sukses bila memperhatikan kebutuhan konsumen, menampilkan makanan yang bersih (higienis) dan tentunya bila kita mampu memuaskan konsumen dengan aneka rasa makanan yang ditawarkan oleh catering nasi kotak

Usaha catering sebetulnya merupakan usaha yang tidak bisa dikerjakan sendiri dan bila anda ingin memulainya, anda harus menyiapkan staff yang cukup banyak antara lain untuk memasak, transportasi bahkan ada yang merangkap dekorasi! Bila anda memang serius untuk membuka usaha katering nasi kotak, mengapa tidak anda merencakan dari sekarang.

Untuk klien atau konsumen, sebetulnya kita bisa mencari sendiri dengan menyiapkan dana untuk promosi dan membuat peralatan seperti spanduk, leaflet dan bisa saja untuk langkah pertama anda menginformasikan rekan anda, sahabat dan keluarga tentang usaha anda ini.

Untuk memulai saya kira anda perlu menentukan jenis makanan apakah yang anda akan hidangkan nantinya. Lihat pula persaingan dari katering lain bila perlu anda membandingkan dengan mencicipi makanan mereka. Trend konsumen juga saya kira menentukan misalnya di event hajatan yang mungkin paling laku adalah Sup Asparagus, Ayam Kanton, Sapi Lada Hitam dan tentu saja favorit anak2 biasanya mencari es puter & es krim.

Setelah menentukan jenis makanan, anda perlu menyiapkan tenaga kerja yang handal. Bisa saja anda merekrut pekerja yang sudah pengalaman namun tidak tertutup kemungkinan anda juga merekrut tenaga kerja yang belum berpengalaman. Saya kira penilaian utama dari perekrutan adalah, tenaga kerja yang bersangkutan haruslah rajin dan jujur dan juga dapat anda kendalikan. Berikanlah mereka kontrak kerja yang jelas sehingga mereka betah bekerja pada anda. Biasanya pekerja yang lulusan dari Sekolah Kuliner lebih terampil dibandingkan dengan pekerja yang tidak mempunyai latar belakang dibidang Kuliner.

Peralatan & Mesin Industri Makanan juga berpengaruh terhadap kecepatan, penghematan biaya & Hasil Akhir yang Memuaskan. Dengan melengkapi usaha Catering anda dengan peralatan & mesin industri makanan yang sesuai dengan kebutuhan, akan membuat anda semakin mudah meraih Sukses Berbisnis Catering.

Jika Anda telah siap untuk mengembangkan usaha ini, ada beberapa keperluan dasar yang harus Anda persiapkan :

1. TEMPAT USAHA

Untuk usaha katering nasi kotak skala kecil dapat menggunakan rumah pribadi sebagai tempat usaha awal hingga usaha katering berkembang lebih besar dan tidak memungkinkan lagi dilakukan dirumah sendiri. Yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat usaha adalah memiliki area kerja yang cukup luas untuk dapur atau tempat pengolahan bahan atau makanan, memiliki fasilitas yang memadai (air, listrik, sistem pembangunan air yang baik) dekat dengan pasar, tidak mengganggu masyarakat sekitar .

2. PERALATAN MASAK

Peralatan yang digunakan pada prinsipnya sama dengan alat rumah tangga biasa yang hanya saja ukurannya lebih besar karena digunakan untuk memasak dalam jumlah atau porsi lebih banyak. Peralatan masak untuk usaha katering nasi kotak antara lain, kompor gas, kompor minyak, rice cooker katering, aneka panic ukuran besar dan kecil, wajan besar dan kecil, aneka pisau, gilingan bumbu, dan sebagainya. Peralatan tersebut wajib dipunyai namun untuk suatu usaha katering pemila hendaknya pembelian alat disesuaikan dengan kapasitas pesanan dulu. Jangan sampai modal awal yang ada menjadi membengkak hanya untuk hanya untuk membeli peralatam saja .

3. PERLENGKAPAN PENUNJANG KATERING NASI KOTAK

Merupakan perlengkapan diluar alat masak yang ada yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan pada usaha katering . alat-alat tersebut antara lain lemari es untuk menyimpan bahan , lemari penyimpan alat masak dan alat makan, dispenser dan sebagainya .

PENGELOLA KEUANGAN USAHA KATERING

Keputusan untuk membuka suatu usaha katering tentunya harus dipikirkan secara matang dan serius. Terkadang beberapa orang menjalankan suatu usaha tidak dengan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Hal ini yang menyebabkan jalan suatu jalan dapat terhambat. Modal kecil bukan alasan untuk menjalankan suatu usaha dengan seadanya, meskipun demikian harus dikerjakan secara professional . Profesionalitas dalam suatu usaha dapat dilihat dari servis yang terbaik, mutu dan rasa yang berkualitas tinggi , tepat waktu dan sesuai dengan janji , dan lain sebainya .

PROFESIONAL dalam mengolah keunangan usaha katering juga dapat menentukan kemajuan suatu usaha. Mengelolah keuangan usaha harus dicatat dengan benar, rapi, dan tertib serta dikontrol secara intensif. Meskipun dalam suatu usaha diolah secara perorangan , namun untuk mengelolah keuangan usaha tidak dapat dianggap remeh hanya karena kegiatan transaksi keuangan di pegang sendiri. Pemasukan dan pengeluaran uang , stock barang dan catatan perhitungan rugi atau laba harus dibuat setiap bulannya .

Vendor Pernikahan
Catering & nasi kotak surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *