Skip to content

Persiapan Pernikahan : Inilah Berbagai Jenis Seserahan Pernikahan

11417415_733696606765266_254108795_n

Mempersiapkan suatu acara pernikahan memang tidak mudah. Setiap detail dari acara tersebut harus diperhatikan dengan saksama. Apabila kamu menginginkan suatu konsep pernikahan yang tidak terlupakan, maka Persiapan Pernikahan adalah hal penting bagi kedua calon pengantin.

Tradisi di negara kita mengenal dengan memberikan seserahan atau hantaran sebagai pelengkap sebuah acara pernikahan. Dan hantaran disini rasanya menjadi pelengkap yang sudah wajib dibawa pada saat acara penerimaan pengantin pria pada saat acara sebelum akad nikah atau lamaran.

Isi seserahan pernikahan ini memiliki makna sebagai simbol dari sang mempelai pria untuk sebagai bekal kehidupan bagi pengantin wanita. Untuk itu isi seserahannyapun cukup lengkap loh mulai dari perlengkapan mandi, ibadah, hingga tas dan sepatu.

Untuk mempersiapkannya kamu perlu menyimak detil barang yang telah sputnik siapkan untuk acara persiapan pernikahan. Berikut isi seserahan pernikahan yang umumnya digunakan.



Seserahan Pernikahan Alat Sholat

Seserahan ini wajib disediakan oleh calon pria. Di dalamnya biasa terdapat mukena, sajadah, Al Quran, dan berbagai perlengkapan lainnya yang akan digunakan oleh sang mempelai wanita saat sudah menikah nanti.


Seserahan Pernikahan Pakaian

Untuk seserahan yang satu ini kayanya wajib ya, yaitu pakaian. Pakaian disini biasanya pakaian tidur dan juga keperluan pesta berupa dress ataupun kebaya untuk pengantin wanita. Tipsnya saat membeli isi seserahan pernikahan ini sebaiknya dipilih sendiri oleh sang wanita agar tidak salah nomor baju dan modelnya juga sesuai keinginannya.

Sebaiknya Persiapan Pernikahan yang satu ini dilakukan sejak jauh-jauh hari ya agar kamu tidak terburu-buru dalam memilih.


Seserahan Perlengkapan Toiletries

Isi seserahan berikutnya adalah perlengkapan toiletries. Perlengkapan toiletries mulai dari alat mandi, body care, wewangian, hingga produk perawatan kecantikan lainnya yang biasa digunakan oleh wanita.


 Seserahan Makeup

Makeup selalu menjadi favorit things kaum hawa. Dan para pria sebaiknya menanyakan daftar makeup yang harus dibeli karena wanita sangat concern dan tau detailnya dibanding pria. Atau jika ada waktu bersama belilah produk seserahan yang satu ini bersama-sama.


Perhiasan

Dalam seserahan biasanya, terdapat berbagai jenis perhiasan, seperti gelang, cincin, kalung. Tidak hanya dalam mahar, namun perhiasan juga diletakkan dalam seserahan. Proses Persiapan Pernikahan dalam memilih perhiasan harus dilakukan secara detail biasanya disesuaikan dengan permintaan dari pasangan.


Buah-buahan dan Kue

Saat ini, anda sering menemui seserahan dalam bentuk buah dan kue. Ini bisa menjadi alternatif, apabila anda menginginkan sesuatu yang beda. Pilih buah yang tidak cepat busuk. Pilihan Kue biasanya dipilih dari khas daerah masing-masing sebagai simbol asal daerah, seperti roti buaya dari daerah betawi misalnya.


Perlengkapan Tidur

Macam macam perlengkapan tidur ini bisa berbagai macam seperti sprei, bed cover, atau perlengkapan tidur lainnya sesuai kebutuhan yang akan digunakan nanti.

Itulah beberapa isi dari seserahan yang biasa dilakukan para calon pengantin saat persiapan pernikahan. Semoga memudahkan kamu untuk mempersiapkan isi seserahan pernikahan ya.


Lihat Juga : Biaya Pernikahan Tidak Terduga Yang Perlu Kamu Persiapkan


Kesiapan dari barang barang Persiapan Pernikahan, harus disiapkan paling tidak sebulan sebelum hari H. Isi seserahanpun isinya tidak selalu sama dan di beberapa daerah isinya juga berbeda-beda. Tapi yang umum terjadi, isinya adalah barang barang kebutuhan calon wanita nantinya.

Untuk masalah dekorasi seserahan pernikahan, saat ini sudah banyak jasa hias atau dekor seserahan pernikahan, jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot mendekor satu persatu seserahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *