Skip to content

Persiapan Pernikahan : Tips Lengkap Cara Berhemat Setelah Menikah

Persiapan pernikahan ngga melulu tentang  kesiapan secara acara saja, tapi mental juga harus kamu bangun mulai sekarang. Mengapa? Karena menikah artinya kamu memutuskan untuk hidup mandiri dengan sang suami. Otomatis masalah perputaran keuangan di rumah tangga juga menjadi kendali kalian.


www.express.co.ukSumber : Express UK

Tips Lengkap Cara Berhemat Setelah Menikah – Persiapan Pernikahan

Kalau kamu masih ngga tau gambarannya seperti apa cara mengelola keuangan saat berumah tangga nanti, artinya kamu perlu menyimak artikel tips lengkap cara berhemat setelah Menikah sebagai bekal persiapan pernikahan kamu setelah menikah nanti.

Setelah menikah PR yang bertambah dalam rutinitas kalian salah satunya adalah mengatur keuangan. Kalau dulu masih berpikir pengeluaran sendiri, saat menikah artinya kamu sudah mulai memikirkan arus pengeluaran berdua. Jadi, mulailah cermat dan hemat mengatur keuangan setelah menikah dengan cara tips persiapan pernikahan berikut ini.


Catat Rencana Belanja dan Simpan Nota Pembelian

Mencatat kebutuhan belanja sangat membantu menjaga list belanja kamu dari godaan barang-barang tambahan yang bikin kantong membengkak. Caranya gimana sih, gampang kok! Cara paling mudah yang bisa dilakukan dengan mencatat kebutuhan belanja dengan menempel catatan di kulkas. Jadi kamu bisa langsung menuliskan barang apa yang sudah habis.

Supaya pengeluaran terkontrol simpan bon belanja tersebut. Tujuan menyimpan bon ini adalah agar kamu bisa menghitung berapa total pengeluaran belanja bulanan dan membandingkan dengan bulan depan.


adv-banner


Menghemat Pemakaian Listrik

Kalau sudah menikah pengeluaran listrik pasti akan terasa. Jadi untuk berhemat sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan dan ini berpengaruh loh terhadap keuangan rumah tangga kalian kelak.

Pemakaian listrik bisa dikurangi dengan mengurangi kebiasaan buruk kita,  seperti: mematikan lampu yang tidak digunakan, menggunakan produk yang hemat energi, dan  yang  paling penting matikan alat elektronik jika telah selesai digunakan. Membiarkan colokan listrik terus menyala  hanya akan membebani pemakaian listrik di rumah saja.


Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Melirik barang yang disuka kemudian membeli dengan cara menggesek kartu kredit memang hal yang paling mudah. Tapiiii…. kenyataan ini harus kamu rem saat sudah berumah tangga. Kartu kredit memang memudahkan hidup dalam berbelanja, tapi ketika barang tersebut belum masuk ke dalam budget belanja kalian ini yang akan menjadi masalah baru karena alokasi uang belum disiapkan. Sehingga ujung-ujungnya hanya akan menambah daftar tagihan hutang.

Yang tadinya mau berhemat malah jadi menambah beban hutang deh. So be wise ya girls dalam penggunaan kartu kredit ini. Sebaiknya gunakan kartu kredit untuk pembelian yang budgetnya sudah dialokasikan atau sudah di diskusikan sebelumnya dengan pasangan.


Tahan Diri Untuk Belanja Barang “Lucu”

Wanita paling susah menahan diri kalau sudah melihat barang-barang yang “lucu”. Perintilan-perintilan barang lucu ini mulai harus kamu rem. Mengapa? Karena barang lucu belum berarti kamu butuh saat itu penggunaannya. Lebih baik gunakan untuk hal-hal yang lebih penting terlebih dahulu.


Lihat juga : 6 Tren Warna dan Tema Pernikahan Outdoor 2017


Menyisihkan Uang Untuk Ditabung

Menabung sudah menjadi hal wajib ketika sudah menikah. Karena saat menikah akan banyak keperluan tak terduga. Jadi sebaiknya sisihkan uang yang ada untuk ditabung atau diinvestasikan. Kalau begitu sebetulnya berapa persen sih yang harus disisihkan untuk menabung dari gaji kita?

Menurut para pakar keuangan, bagian penghasilan yang harus disisihkan untuk ditabung setiap bulan adalah 30% atau minimal menyisihkan 10% dari penghasilannya untuk ditabung. Nah dengan angka minimal 10% ini seharusnya kamu bisa memulai untuk mempersiapkan masa depan.

Cara paling mudah menabung adalah dengan mengurangi gaya hidup. Misalnya pergi ngumpul-ngumpul dengan teman atau mengurangi konsumsi  rokok. Nominalnya yang dikira pada awal kecil namun akan sangat terasa jumlahnya ketika daam jangka waktu tertentu.

Komitmen untuk menabung memang tidak mudah. Namun kamu harus ingat jika dirimu menabung sama saja dengan menghargai hidup karena menabung atau berinvestasi akan membantu mempersiapkan kebutuhan masa depan kalian yang lebih baik. Jadi mulailah untuk membangun kesiapan ini sebagai daftar persiapan pernikahan kalian juga ya.

Semoga artikel Persiapan Pernikahan : Tips Lengkap Cara Berhemat Setelah Menikah, membantu kamu dalam berhemat dan menabung bersama pasangan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *