Skip to content

Rangkaian Acara Kaesang Dan Erina Hingga Menuju Akad Nikah

Dalam prosesi menuju acara akad Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, banyak prosesi acara yang diadakan seperti acara pengajian hingga tasyakuran (resepsi pernikahan). Menurut keterangan media acara dilaksanakan di Jogja dan Solo dari tanggal 8 hingga 11 Desember tahun ini.

Mulai dari acara pengajian yang diadakan kemarin, tepatnya 8 Desember (Kamis,08/12/2022). Acara ini diadakan di kediaman masing-masing calon mempelai yaitu Kaesang dan Erina. Susunan acara pengajian yang dilaksanankan mulai dari semaan Al-Qur’an kemudian dilanjut dengan acara inti pengajian.

Kemudian tepat di tanggal 9 Desember, merupakan diadakannya acara Siraman. Begitupun dengan acara siraman ini dilaksanakan dirumah kediaman masing-masing mempelai Di Sleman dan Solo. Dalam acara ini, masing-masing mempelai di melaksanakan acara siraman dengan khidmat sesuai adat tradisi Jawa yang dipilih. Prosesi siraman Erina ditambahkan dengan prosesi langkahan, dalam hal ini karena Erina sendiri menikah terlebih dahulu dari kedua kakanya yang belum menikah. Begitupun dalam hal ini juga diadakan prosesi Tanem Rikmo, yaitu pemotongan rambut kedua mempelai yang dijadikan satu kemudian ditanam didalam tanah halaman rumah Erina.

Pada hari itu juga, diadakannya acara Midodareni, yaitu merupakan acara yang dimana keluarga dari pihak calon mempelai pria mendatangi kediaman mempelai Wanita dengan membawa seserahan dan sebagainya. Menurut keterangan dalam acara ini keluarga dari Erina menggunakan busana adat Jogja.

Tepat di hari H pernikahan pada tanggal 10 Desember, acara ini diadakan di Pendopo Ambarrukmo menggunakan adat Jogja. Dalam hal ini pengantin pria akan melaksanakan akad sementara pengantin wanita disembunyikan hingga prosesi Panggih yaitu dimana acara panggih ini ada tebusan pisang sanggan satu tampan agar pengantin wanita dibolehkan keluar. Isi dari acara panggih ini seperti tebusan, balang-balangan (lempar gantal sirih), kacar kucur, dahar klimah dan sungkeman.

Setelah acara panggih, akan diadakan acara Kirab Pernikahan pada tanggal 11 Desember. Menurut keterangan acara ini akan diadakan dari lokasi Loji Gandrung menuju Puro Mangkunegoro. Acara kirab ini di rencanakan akan menggunakan 12 kereta kencana dengan 28 kuda dan juga melibatkan 81 Prajurit Keraton Kesultanan Surakarta. Sebelumnya di Loji Gandrung juga akan diadakannya acara ngunduh mantu dan pawiwahan walimatul ursy.

 Di hari yang sama juga, setelah sampai di Puro Mangkunegoro akan diadakannya acara tasyakuran disana. Dalam acara tasyakuran ini, akan menyediakan hiburan berupa iringan gamelan, serta penampilan berbagai budaya. Untuk pengamanan dalam acara tersebut, di jaga oleh TNI dan kepolisian agar masyarakat tidak terganggu terutama dalam lalu lintas. Menurut keterangan media, acara tasyakuran Erina dan Kaesang ini akan di adakan 2 sesi yaitu pagi dan malam.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *