Skip to content

Tips Memilih Catering Pernikahan

Di zaman sekarang, rasanya memang terlalu sulit ya kalau permasalahan makanan pernikahan itu dilakukan sendiri. Banyak yang memilih untuk menggunakan Jasa Catering. Dan dengan pemikiran seseorang bahwa Catering lah yang paling mudah, banyak sekali jasa-jasa catering di luar sana. Kamu harus bisa memilih mana sih jasa catering yang baik dan yang akan memuaskan tamu-tamu kamu nantinya.
Sekarang para tamu Pernikahan akan dimanjakan dengan berbagai macam makanan. Mulai dari makanan asli khas Indonesia, sampai manca negara. Nggak heran kan guys, sekarang ini udah jamannya globalisasi loh hehehe.


Oke, sebelum kamu memilih makanan apa saja yang harus ada dalam Pernikahan kamu, kamu harus memilih dahulu jasa cateringnya. Kamu bisa mencari tau jasa catering dari internet, orang tua, sahabat yang pernah menggunakan jasa catering. Cari informasi sebanyak mungkin, mulai dari berapa harga kisarannya, bagaimana cara kerjanya, bagaimana masakanya dll. Pastikan bahwa jasa catering yang akan kamu pilih adalah tempat yang paling tepat dan memang ahlinya dalam menyediakan Catering Pernikahan. Patikan pula bahwa kamu mencicipi dahulu bagaimana kualitas makanan yang disediakan.


Kamu juga harus memilih masakan-masakan yang banyak dikenal orang dan sekiranya orang tertarik untuk memakannya. Catering Pernikahan pada umumnya menyediakan makanan seperti Ayam goreng, ayam bakar, sup, gulai , sate , bakso dan lain-lain. Dan ingat guys, sediakan pula makanan beragam, jangan monoton. Seperti contohnya hanya ada makanan serba ayam,  serba ikan, dan serba daging. Sediakan pula makanan dari sayur-sayuran untuk menjadi lauk lainnya agar tamu kamu lebih leluasa untuk memilih makanan apa yang mereka inginkan. Tapi ingat, jangan keluar dari biaya anggaran yaa guys.

Nah Berikut ini tips memilih catering pernikahan versi Vendor Pernikahan

  1. Tentukan Tanggal
    Kamu harus menentukan tanggal terlebih dahulu untuk memesan catering dalam acara pernikahan. Sehingga kamu bisa memastikan bahwa catering tersebut siap melayani sesuai dengan waktu yang ditentukan. Usahakan memilih catering yang mempunyai waktu luang, agar tidak keteteran dalam memberikan pelayanan.
  2. Rekanan Gedung

Sumber : twitter.com
Cek terlebih dahulu, apakah catering yang kamu gunakan termasuk ke dalam rekanan gedung untuk pernikahan? Karena hal tersebut memiliki hubungan charge yang ditanggung oleh gedung, bisa jadi chargenya lebih murah atau bebas charge. Karena jika tidak, kamu bisa menanggung biaya yang cukup tinggi.

Namun, bila catering bukan rekanan gedung, kamu bisa mencarinya yang memberi harga wajar. Biasanya catering akan memberikan pelayanan terbaik agar dimasukkan kedalam rekanan gedung.

  1. Lakukan Survei
    Setelah menyiapkan tanggal yang tepat, kamu bisa melakukan survei untuk memilih vendor catering yang cocok. Lakukan survei melalui media pencarian situs vendor pernikahan. Agar mendapatkan yang sesuai, kamu bisa membandingkan antara vendor catering yang satu dengan yang lainnya.

Kamu akan menemukan berbagai vendor pernikahan di internet. Pilihlah catering yang mendapatkan review bagus, jam terbang tinggi, serta dipercaya akan melakukan pelayanan terbaik.

Selain itu, kamu bisa menentukan janji dengan vendor, untuk bertemu dan melakukan survei secara langsung. Untuk mengetahui pelayanan mereka, ketelatenan, kerapihan dan kebersihan pegawai, serta kebersihan dapur, kamu bisa mengunjungi kantor mereka. Sehingga kamu bisa merasakan kenyamanan dan kepuasan ketika memesan catering tersebut.

  1. Kebijakan Catering
    Kamu bisa memilih pelayanan catering yang sesuai, baik yang dilepas atau langsung paketan. Karena ada beberapa catering yang menawarkan paket lengkap seperti dokumentasi, dekor pelaminan, make-up, dan lain sebagainya.

Terlepas dari itu semua, kamu tetap harus melakukan pengecekan terhadap vendor catering, agar mampu melayani acara mu dengan maksimal.

  1. List Harga
    Kamu bisa mencari list harga catering yang ditentukan secara langsung dengan yang bersangkutan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga catering, seperti gedung yang digunakan, tanggal yang dipakai, menu yang dipilih, serta kuantitas tamu yang hadir. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Kamu bisa melakukan negosiasi dengan vendor catering tersebut. Misalnya dengan mengurangi atau menghilangkan bahan yang digunakan makanan-makanan. Pastikan kualitas yang diberi catering tetap terjaga


Pilih juga masakan yang terbuat dari bahan yang halal  ya guys. Bukan berarti kamu menyerahkan segala urusan masakan kepada jasa catering kamu, kamu bisa lepas tangan begitu saja dengan bahan-bahan yang digunakan jasa catering kamu. Cari tahu, dan bicara secara langsung bahwa kamu menghindari masakan-masakan yang terbuat dari daging babi, contohnya kalau untuk orang muslim.


Bukan hanya makanan utama yang perlu kamu siapkan dalam pernikahan kamu. Tapi, kamu juga perlu menyediakan makanan-makanan ringan, seperti es krim, cupcake dan lain-lain. Makanan-makanan ini disediakan agar para tamu yang datang bersama dengan anaknya, akan lebih nyaman lagi, karena kebanyakan anak kecil akan malas jika memakan nasi atau makanan yang berat-berat.


Selain memilih makanan dengan cara menyesuiakan selara kamu dan mempertimbangkan para tamu, kamu juga harus menyediakan makanan sesuai dengan tema pernikahan kamu.
Sesuikan pula besar makanan yang kamu sediakan guys. Perkirakan berapa banyak kamu akan menghabiskan uangmu pada item catering ini ya. Kamu bisa memperkirakannya dengan cara melihat berapa banyak tamu yang kamu undang. Sesuaikanlah, dan jangan berlebihan. Oke kawan, Mungkin Tips Tentang Catering Pernikahan sampai disini dulu, nantikan Tips Pernikahan tentang Catering dan lain-lainnya pada artikel kami berikutnya yaa para Wedding Lovers yang saya cintai. Terimakasiih hehe. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *