Skip to content

Ulang Tahun versi Nasi Kotak

Suatu hari mertua saya mengalami kecelakaan lalu lintas dan mengalami perdarahan di otak, saat itu istriku berjanji bila papanya sembuh maka dia akan hajatan dengan membagi-bagikan nasi kotak ke kaum yg kurang mampu, kami sepakati kasih ke tukang becak. setelah lebih kurang 2 minggu mertua saya benar sembuh dan keluar dari rumah sakit. Kamipun melakukan apa yg sudah kami janjikan membawa nasi kotak dan membagikannya mengelilingi kota, berhubung dirumah tdk ada yg menjaga anak kami yg umur 8 tahun maka kami ajak juga berkeliling.

Dalam proses pembagian anak saya bilang agar dia saja menyerahkan nasi kotak kepada tukang becak dan kami setuju. Pembagianpun berjalan lancar dan kami melihat anak kami sangat senang dengan kegiatan ini. Namun ada sesuatu yg diluar dugaan kami bahwa pada akhir acara hajatan ini yaitu anak kami tiba tiba bilang “papa, nanti kalo saya ulang tahun gak usah beli kue ulang tahun tapi kita ganti nasi kotak seperti ini saja.” Saya sangat terharu. Tgl 25 Oktober kemarin  anak kami merayakan ulang tahun dengan membagikan nasi kotak dan dia terlihat sangat gembira. Lalu saya tanya senang mana kalo dibanding ultah di McDonald? Dia menjawab dengan cepat dan spontan bahwa lebih nikmat dengan bagi bagi nasi kotak.

Merayakan ulang tahun di resto fastfood sudah menjadi trend perayaan ulang tahun anak kota masa kini, anak tidak pernah diperkenalkan cara merayakan dalam bentuk lain. Lalu saya terbesit gimana dengan anak-anak orang lain ya. Jangan-jangan mereka juga lebih menikmati dengan cara membagikan nasi kotak. Lalu saya berpikir lebih lanjut manfaat ulang tahun versi nasi kotak ini, pertama anak akan belajar mengenai cinta kasih dan menolong sesama manusia. Kedua jika semua orang meraya versi ultah nasi kota, maka orang kurang mampu akan terbantu dan pengusaha kecil depot akan terbantu. Jika seluruh kota dan seluruh penduduk melakukan hal ini maka kita akan bisa menyediakan makan gratis tiap hari bagi kamu kurang berutung setiap hari.

Melihat versi ultah tersebut begitu banyak manfaat dan potensi untuk berbuat sosial yg begitu besar saya ingin mengajak teman teman kompasiana untuk mengkampanyekan dan bila perlu kita bentuk organisasi anggota kompasiana khusus untuk mengelola “bakti sosial makan gratis” di setiap kota. Besar harapan saya kompas online bisa ikut melakukan “kampanye ulang tahun versi nasi kotak” dan membuatnya menjadi trend ultah yg baru.

Sumber : https://sosbud.kompasiana.com/2014/10/30/ulang-tahun-versi-nasi-kotak-699627.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *